TUGAS 2 (SISTEM INFORMASI AKUTANSI)
1.sebutkan dan jelaskan teknik-teknik dalam sistem auditing ?
Penggunaan Teknik Sistem Dalam Auditing
Lazimnya, audit dibagi menjadi dua komponen dasar. Komponen pertama biasanya disebut Audit Interim. Audit interim bertujuan untuk menaksir seerapa jauh struktur pengendalian internal suatu organisasi.
Komponen audit yang kedua adalah Audit Laporan Keuangan. Audit
laporan keuangan melibatkan pengujian substantif. Pengujian subtantif
merupakan verifikasi angka dalam laporan keuangan secara langsung.
http://ezracatherine.wordpress.com/2012/12/17/teknik-dan-dokumentasi-sistem/
2. sebutkan dan jelaskan teknik-teknik dalam pengembangan sistem informasi akutansi ?
Pengembangan suatu aplikasi basis data merupakan
bagian integral dari pengembangan sistem informasi akuntansi.
Pengembangan basis data tidak terlepas dari bagaimana sistem informasi
akuntansi tersebut berkembang. Bagian ini membahas secara singkat
bagaimana metodologi pengembangan sistem dan posisi pengembangan
aplikasi basis data untuk dalam proses pengambangan sistem informasi
akuntansi.
Metodologi pengembangan secara umum memiliki berbagai macam jenis.
Secara kronologi, metodologi pengembangan sistem yang pertama kali
digunakan adalah waterfall model. Waterfall model ini juga sering disebut systems development life cycle (SDLC). Secara umum tahapan dalam waterfall model atau SDLC meliputi tahap analisa, perencanaan, uji coba, dan implementasi.
SDLC memiliki kelemahan, yaitu sering dianggap tidak realistis.
Pertama, model SDLC mengansumsi bahwa jika setiap tahapan selesai
dikerjakan, dapat dilanjutkan dengan tahapan berikutnya. Jadi, proses
perkembangan sistem dianggap linear dan tidak berulang (iterative). Kenyataannya, mungkin saja suatu tahap jika diulang terdapat kondisi yang mengharuskan sistem diubah.
Pada saat tahap perancangan ternyata ada penambahan kebutuhan
dikarenakan perubahan organisasi atau pengaruh eksternal (perubahan
peraturan pemerintah misalnya). Dengan sendirinya pengembangan sistem
harus kembali ketahap analisa untuk menganalisa perubahan kebutuhan
sistem yang diakibatkan karena adanya perubahan tadi. Fenomena tersebut
sangat jamak didalam pengembangan sistem.
Secara umum, pengembangan sistem (dan tentunya sistem informasi
akuntansi) memiliki tahapan-tahapan sebagai berikut, antara lain :
Analisa, dalam tahapan analisa ini, usulan
pengembangan sistem baru dikaji secara khusus. Setelah yakin bahwa
sistem baru itu memang dibutuhkan, maka dilakukan analisa untuk
menemukan kelemahan sistem yang lama dan menemukan kebutuhan sistem yang
baru.
Perancangan, dalam tahap ini kebutuhan sistem baru
dipenuhi dengan rancangan sistem baru. Berbagai macam alat permodelan
digunakan untuk menggambarkan sistem baru yang akan dibuat.
Uji coba, dalam tahap uji coba rancangan sistem
baru diwujudkan. Jika membutuhkan aplikasi maka bisa dibuat juga diuji
coba dan diintegrasikan dengan sistem lama.
Implementasi, tahapan dimana sistem baru dijalankan untuk menggantikan sistem yang lama.
Perencanaan aplikasi dan basis data mengikuti tahapan pengembangan
sistem sendiri. Kita perlu tahu kebutuhan informasi apa yang harus
dipenuhi oleh basis data dan aplikasi yang kita buat, merancangnya,
membuatnya, dan menerapkannya. Diharapkan dengan menggunakan metodologi
pengembangan sistem yang baku, aplikasi yang dibuat mampu memenuhi
kebutuhan informasi penggunanya.
http://allfheim.com/sistem-informasi-akuntansi/pengembangan-sistem-informasi-akuntansi/
3.buatlah flowchart yang menggambarkan sebuah alur sistem penggajian pada sebuah perusahaan ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar